PENYAMPAIAN INFORMASI ASIMILASI RUMAH KEPADA WBP RUTAN MAMUJU

PENYAMPAIAN INFORMASI ASIMILASI RUMAH KEPADA WBP RUTAN MAMUJU

“Rutan Mamuju Kanwil Kemenkumham Sulbar”

PENYAMPAIAN INFORMASI ASIMILASI RUMAH KEPADA WBP RUTAN MAMUJU

HUMAS.RUTAMA.,- Kepala Rutan Kelas IIB Mamuju mengumpulkan sejumlah WBP seusai pelaksanaan sholat dzuhur untuk menyampaikan informasi terkait perpanjangan Asimilasi Rumah. Dikatakannya bahwa hal tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor: M.HH-186.PK.05.09 Tahun 2022.

Peraturan Asimilasi rumah yang baru ini tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Semua penekanannya adalah berkelakuan baik dan wajib mengikuti program pembinaan dengan baik pula. Syaratnya adalah wajib menjalani seperdua masa pidana, berlaku bagi narapidana yang tanggal dua per tiga masa pidananya sampai dengan tanggal 30 Juni 2023. Selain itu, syarat adminitrasi harus memenuhi utamanya Petikan Putusan dan Berita Acara Pelaksanaan putusan (Eksekusi).

Asimilasi tidak diberikan kepada narapidana yang melakukan tindak pidana Narkotika (pidana 5 tahun atau lebih), Terorisme, Korupsi, Kejahatan Terhadap Keamanan Negara, Kejahatan HAM Berat, Kejahatan Transaksional terorganisasi. Yang tidak berhak peroleh asimilasi termasuk tindak pidana pembunuhan pasal 339 dan 340 KUHP, Pencurian dengan kekerasan pasal 365 KUHP, Kesusilaan pasal 285 sampai dengan pasal 290 KUHP, serta Kesusilaan terhadap anak sebagai korban Pasal 81 dan Pasal 82 UU No. 35 Tahun 2014.

Karutan mamuju memberikan harapan dan dukungan kepada warga binaan untuk senantiasa menjaga sikap dan perilaku selama berada di Rutan, karena pengurangan masa pidana tidak hanya bisa didapatkan melalui asimilasi rumah. Untuk pasal-pasal yang tidak dapat diberikan asimilasi rumah dapat mengajukan pengusulan Cuti Bersyarat (CB), Pembebasan Bersyarat (PB), Cuti Menjelang Bebas (CMB) nantinya termasuk remisi umum kemerdekaan maupun remisi Hari Raya Keagamaan.

#KumhamPasti
#Pemasyarakatan
#Ditjenpas
@Kemenkumham_RI –
@Kumham_Sulbar –
@NewsKemenkumham –
#KanwilSulbar –
#KumhamSulbar –
#Yasonna
@yasonna
#parlindungan

LEAVE A COMMENT

Your comment will be published within 24 hours.

© Copyright 2022 Mandarlink Theme by RUTAN MAMUJU