MELESTARIKAN PERAHU SANDEQ MELALUI KERAJINAN MINIATUR OLEH WARGA BINAAN

MELESTARIKAN PERAHU SANDEQ MELALUI KERAJINAN MINIATUR OLEH WARGA BINAAN

HUMAS.RUTAMA.,-Sebagai bentuk kecintaan dan pelestarian terhadap Perahu Sandeq, Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Kelas IIB Mamuju menyalurkan minat dan bakatnya yang diimplementasikan dalam sebuah hasil karya yakni miniatur Kapal Sandeq (10/02).

Terlihat Warga Binaan tersebut dengan terampilnya membuat kapal sandeq dengan skala yang kecil dan hampir sesuai dengan bentuk aslinya. Jika dilihat dari segi filosofinya Kapal Sandeq menggambarkan keperkasaan dan menjadi penyemangat para nelayan, punggawa, dan nakhoda kapal untuk terus semangat pantang mundur mengarungi lautan luas untuk merengkuh penghidupan dan meneguhkan kehidupan.

Makna itulah yang tertuang dalam miniatur Kapal Sandeq yang dibuat Warga Binaan. Mayoritas Warga Binaan Rutan Kelas IIB Mamuju bisa membuat miniatur Kapal Sandeq dengam berbahan kayu bekas dan karton bekas. Bahkan yang lebih membanggakan lagi, miniatur perahu Sandeq ini pernah dipesan sebagai souvenir dan cinderamata pada pelaksanaan Sandeq Race 2022 dengan tema ” Sulbar Mendukung IKN”. Diharapkan dengan terampilnya Warga Binaan dalam membuat miniatur Perahu Sandeq bisa memjadi momentum untuk pelestarian budaya asli Mandar serta menjadi penggerak ekonomi bagi Warga Binaan jika sudah kembali ke tengah – tengah masyarakat.

Sumber: https://m.mediaindonesia.com/weekend/526968/melestarikan-sandeq-merawat-tradisi-mandar

@Kumham_Sulbar
@NewsKemenkumham
#KanwilSulbar
#KumhamSulbar
#Yasonna
#Parlindungan
#Pemasyarakatan
#Ditjenpas
#rutanmamujutoday

LEAVE A COMMENT

Your comment will be published within 24 hours.

© Copyright 2022 Mandarlink Theme by RUTAN MAMUJU