Calon asesor se mamuju raya jalani pendampingan dan pembekalan Supervisor dalam pelaksanaan praktek assesmen, Rabu (07/12).

Calon asesor se mamuju raya jalani pendampingan dan pembekalan Supervisor dalam pelaksanaan praktek assesmen, Rabu (07/12).

Dilaksanakan di Aula Rutan Kelas IIB Mamuju, kegiatan pendampingan ini dilakukan oleh Supervisior, Iin Amrina yang berasal dari Balai Pemasyarakatan Kelas II Polewali. Iin amrina memberikan pendampingan dan pembekalan kepada perwakilan 15 orang petugas pemasyarakatan se mamuju raya yaitu terdiri dari 5 orang dari LPP kelas III Mamuju, 3 orang dari Rutan IIB Mamuju, 3 orang dari LPKA Kelas II Mamuju, dan 4 orang petugas pemasyarakatan dari Rutan IIB Pasangkayu.

Kegiatan ini berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan khususnya pada Pasal 10 ayat (2), maka Asesor berperan sebagai petugas yang melakukan Asesmen Risiko dan Kebutuhan terhadap Narapidana dan Klien Pemasyarakatan untuk mengukur penurunan tingkat risiko Narapidana dan Klien Pemasyarakatan.

Kakanwil kumham sulbar, Faishol Ali mengatakan dalam kegiatan dilakukan pendampingan serta pembekalan dengan menggandeng pembimbing kemasyarakatan dari Balai Pemasyarakatan Polewali.

“Pelaksanaan pendampingan dan pembekalan ini sangat penting bagi calon asesor agar nantinya mendapat pemahaman dan menjadi petugas asesor yang berkualitas serta sesuai dengan regulasi,” ujarnya.

Dilanjutkan dilakukan praktek asesmen mandiri masing-masing calon asesor ini melakukan asesmen kepada 1 orang narapidana.

Dia menambahkan, asesmen risiko dan kebutuhan instrumen screening penempatan narapidana bermanfaat untuk pembinaan lanjutan. Serta menjadi salah satu syarat dan dasar pengusulan hak bersyarat seperti remisi, Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Bersyarat, dan lainnya,” jelasnya.

Ka.Bapas Polewali, Hery Kusbandono berharap dengan kegiatan ini menjadi sarana pembelajaran bersama sehingga nantinya lapas/rutan mamuju raya dapat menghasilkan petugas asesor yang berkualitas, handal, terampil dan bertanggungjawab.

“Selain pendampingan, kegiatan ini menjadi media belajar bersama sehingga nantinya dihasilkan asesor yang berkualitas, handal, dan terampil, ” pungkasnya.

LEAVE A COMMENT

Your comment will be published within 24 hours.

© Copyright 2022 Mandarlink Theme by RUTAN MAMUJU